Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru adalah bagian terpenting bagi seorang yang memiliki profesi sebagai seorang guru.

Ini akan berisi tentang rencana mereka dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Didalamnya, memuat tentang tujuan pembelajaran mereka, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sebagainya.

Lantas, apa sebenarnya rencana pembelajaran guru itu? Mari ikuti penjelasan ini.

Pengertian Rencana Pembelajaran (RPP)

RPP merupakan sebuah istilah yang kerap sekali disebutkan dan dikaitkan oleh seorang guru. RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Fungsi RPP

RPP sangat memberi pengaruh bagi kualitas pembelajaran yang diajarkan guru. Ada beberapa fungsi RPP yang mungkin perlu untuk diketahui, yaitu sebagai berikut.

1. Sebagai Pengontrol

Terang saja, RPP berfungsi sebagai pengontrol guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya di kelas.

Ini dimaksudkan untuk materi ajar mereka. Guru tentunya membuat tujuan pembelajaran dalam rencana mereka.

Ketika mereka mengajar di kelas, tentunya tidak lari dari tujuan pembelajaran itu sendiri. Maka disinilah fungsi dari RPP ini, sebagai pengontrol keberlangsungan kegiatan belajar mereka.

2. Sebagai Kredit

Terkadang, tidak bisa dipungkiri bahwa seorang guru perlu memperhatikan kredit tentang dirinya. Ini berkaitan dengan kompetensi guru yang diembannya.

Sebagai kredit maksudnya adalah penilaian khusus bagi seorang guru. Bila mereka menjalankan tugasnya dengan baik, termasuk menyelesaikan RPP nya, maka guru itu akan dinilai baik oleh atasan mereka, yang dalam hal ini Kepala Sekolah.

Walau ini merupakan tugas dan tanggun jawabnya, tetapi bila ia menyelesaikannya tepat waktu, maka akan memberikan nilai baik bagi guru tersebut.

0 komentar